Jumat, 12 April 2013

Tips Mencegah Serangan Rayap



Cara Efektif Terhindar Dari Rayap
Sebenarnya penyerbuan rayap tidak datang mendadak. Kita sering tidak sadar akan keberadaan rayap di rumah, sampai melihat kerusakan besar yang
ditimbulkannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pengetahuan tentang tanda-tanda awal timbulnya rayap. Pengetahuan bisa menjadi tindakan pencegahan yang baik. Berikut adalah 3 langkah awal agar terhindar dari rayap di dalam rumah:

1. Jenis kayu
Pemilihan jenis kayu yang benar bisa menjadi langkah awal yang benar untuk pencegahan. Untuk kusen, pilihlah jenis kayu jati atau merbau yang kurang disukai rayap. Kayu jati tidak disukai rayap karena materinya yang keras, sedangkan kayu merbau mengeluarkan bau khas yang sangat menyengat serta mengandung zat ekstraktif yang bersifat racun bagi jamur dan rayap.

2. Penggunakan  obat anti rayap
Setelah pemilihan kayu yang benar, langkah selanjutnya adalah menyemprotkan bahan kimia anti rayap ke tanah pondasi rumah sebelum rumah dibangun. Jika lantai dari kayu, semprotkan anti rayap ke seluruh lantai dan permukaan bangunan kayu rumah kita.

3. Pemeriksaan rutin
Lakukanlah pengecekan rayap secara rutin setiap bulannya. Tidak hanya lantai dan kusen saja, memeriksa furnitur-furnitur  kayu yang ada di dalam dan di luar rumah juga penting. Dengan pengecekan rutin, membantu kita untuk bisa menditeksi, melindungi dan mencegah rumah terhadap kerusakan total yang disebabkan oleh rayap tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar